mengatasi-bisnis-sepi-konsumen

Cara Jitu Mengatasi Bisnis Online yang Sepi Konsumen

Diposting pada

Cara Jitu Mengatasi Bisnis Online yang Sepi Konsumen – Saat akan memulai bisnis online, banyak orang yang membayangkan akan bisa langsung meraih kesuksesan, selalu laris manis jualannya, dan gambaran-gambaran mengasyikkan lainnya. Nyatanya, hal tersebut belum tentu terjadi. Karena faktanya, bisnis online tak selamanya selalu berjalan mulus tanpa kendala. Terlebih dengan tingginya persaingan yang ada saat ini.

Lantas bagaimana yang sebaiknya dilakukan? Nah, dengan segala tantangan dan kendala yang ada, tentunya bukan menjadi alasan untuk tak berani mencoba atau berhenti berusaha. Idealnya anda mengatasi bisnis online yang sepi konsumen dengan menerapkan beberapa trik yang kami bagikan ini.

Tips Mengatasi Bisnis Online yang Sepi Konsumen

1. Promosikan Bisnis Anda

Sebagus apapun produk atau jasa yang Anda sediakan, tidak akan dilirik oleh konsumen jika konsumen tersebut tidak tahu. Hal pertama yang kadang dilewatkan oleh seorang pengusaha pemula dan dianggap tidak penting dalam bisnis online adalah promosi.

Banyak pengusaha pemula yang mengaggap bahwa memajang info usaha dan produk di media sosial pribadi sudah menjadi trik promosi yang cukup. Banyak pula yang menganggap bahwa promosi lewat internet bisa memakan biaya yang sangat besar untuk seorang pengusaha pemula. Sehingga mereka enggan melakukan hal tersebut. Padahal nyatanya, ada kiat-kiat promosi tertentu yang tetap terjangkau oleh pengusaha kecil, jika tahu caranya.

Promosi bisa dilakukan melalui berbagai cara, misalnya dengan iklan Google Adword, iklan facebook, mode bisnis instagram, hingga paid promote yang bekerjasama dengan pemilik akun berpengikut besar. Pilihlah iklan yang paling efisien dan professional sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika Anda menjual produk melalui marketplace, maka menggunakan jasa iklan marketplace juga akan membuat produk Anda muncul di halaman pertama pencarian. Langkah ini tentu saja akan meningkatkan jumlah calon konsumen yang mungkin akan membeli produk Anda.

Artikel Terkait  Tips Manajemen Keuangan bagi Pebisnis Kecil Pemula

2. Gunakan Program Diskon

Banyak sekali pengusaha online terutama di bidang penjualan produk selalu menggunakan program diskon demi menarik pengunjung ke situsnya dan mendapatkan konsumen. Anda juga bisa menerapkan program diskon ke produk Anda untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Program diskon menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik minat pembeli. Biasanya, pembeli bahkan selalu menunggu adanya program diskon jika menginginkan suatu barang. Pembeli juga kurang menyukai toko yang tidak pernah memberikan program diskon. Diskon juga akan memberikan kesan bahwa produk Anda bisa dibeli dengan harga yang lebih murah, namun kualitasnya tetap sama. Meskipun begitu, pastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan walaupun memberikan program diskon kepada konsumen. Jangan sampai hanya untuk mendapatkan banyak pembeli, Anda mematok harga di bawah biaya produksi yang justru merugikan.

3. Selalu Update Produk Anda

Toko online yang hanya menjual produk monoton (hanya satu jenis/varian) biasanya akan terlihat membosankan. Apalagi kini tren yang berkembang di tengah masyarakat sangat mudah berubah. Maka Anda juga harus menyesuaikan produk dengan kondisi masyarakat sekarang. Semakin up-to-date produk yang Anda tawarkan, maka Anda akan semakin banyak mendapatkan konsumen.

Selain selalu up-to-date di bidang produk, jika Anda memiliki website pribadi untuk toko online Anda, maka ada baiknya Anda sering memperbaharui tampilan, tema, dan tampilan foto produknya. Anda juga harus selalu berusaha untuk memperbaiki tampilan website toko online Anda agar terlihat semakin profesional dan terpercaya.

4. Buatlah Program Give Away

Untuk membuat banya pengunjung ke toko online Anda, maka langkah yang paling mudah adalah dengan mengadakan program give away atau even berhadiah. Biasanya give away ini sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah followers atau subscriber akun sosial media atau page toko online Anda.

Artikel Terkait  Inilah 4 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Para Generasi Milenial

Dengan semakin banyaknya orang yang menyukai atau menjadi pengikut akun media sosial dan page toko online Anda, maka jaringan konsumen potensial Anda juga akan semakin besar. Pangsa pasar akan semakin meluas. Give away juga bisa menjadi ajang promosi dengan biaya yang minim.

Give away ini bisa Anda rancang dengan mengajak orang bergabung ke page toko online Anda. Bisa juga Anda meminta mereka untuk menyebarkan alamat page, menyebarkan info produk, mengajak orang lain untuk ikut bergabung, dan sebagainya. Give away ini bisa memberikan manfaat berantai. Semakin banyak orang yang tertarik ikut give away, maka akan semakin banyak calon konsumen potensial yang bisa Anda kumpulkan.

5. Tetap Lakukan Pemasaran Offline

Banyak pebisnis online yang mengabaikan pemasaran offline karena menganggap jangkauan pemasaran online jauh lebih luas dan memakan lebih sedikit biaya. Namun ternyata untuk bisa mendapatkan banyak konsumen, Anda justru disarankan untuk tidak mengabaikan pemasaran secara offline.

Anda bisa mengikuti berbagai ajang pameran atau bazar untuk mengenalkan produk real kepada konsumen. Ternyata cara ini bisa menghasilkan peluang penjualan sekitar 78%. Tentunya cara ini sangat efektif untuk menarik minat konsumen yang masih takut membeli produk Anda karena tidak tahu kualitasnya. Setelah mereka tahu kualitas produk Anda, maka mereka pasti akan mau berbelanja di toko online Anda karena rasa percaya yang sudah tumbuh.

Selain mengikuti bazar dan pameran, Anda juga bisa tetap menyebarkan brosur atau flyer. Tawarkan produk yang berharga murah pada brosur atau flyer tersebut untuk menarik minat konsumen. Tulis juga ulasan singkat tentang kualitas produk yang Anda jual. Usahakan desain brosur ini menarik dan profesional.

Artikel Terkait  3 Pertanda Anda Akan Jadi Orang Sukses

6. Lakukan Monitoring dan Perbaikan

Tidak selamanya satu kesalahan pada bisnis A juga terjadi pada bisnis B. Begitu juga dengan solusi yang ditawarkan tidak akan selalu sama untuk masing-masing masalah bisnis. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha harus mau melakukan monitoring atau pengamatan dan perbaikan.

Pengamatan ini harus dilakukan untuk mengetahui masalah apa yang paling mendasar menjadi penyebab sepinya bisnis online Anda. Setelah Anda benar-benar memahami akar masalahnya, maka Anda bisa mencari solusi yang paling sesuai untuk diterapkan.

Nah, demikian diatas 6 cara mengatasi bisnis online yang sepi konsumen. Lakukan analisis yang tepat dan atasilah masalah bisnis Anda secara bijak.

Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *