Cara Setting Aplikasi Input Director

Diposting pada

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang Cara Setting Aplikasi Input Director, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengontrol 2 pc atau komputer hanya menggunakan 1 mouse dan keyboard.

Aplikasi ini sangat dibutuhkan buat kamu yang bekerja dengan komputer yang lebih dari satu, untuk menghemat mouse yang terlalu banyak jika kamu menggunakan multikomputer. Da kamu bakal terlihat keren dan lebih modern ketimbang kamu menggunakan komputer dan mengontrolnya dengan banyak mouse tentu tidak menyenangkan rasanya, meja kerja kamu bakal penuh dengan mouse. 😀

Sebenarnya banyak aplikasi sejenis seperti Input Director ini yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol komputer yang lebih dari satu hanya dengan menggunakan 1 mouse dan keyboard.

Namun, sayangnya dari beberapa aplikasi yang pernah saya coba cuma aplikasi Input Director ini yang sifatnya gratis. Contohnya aplikasi Share Mouse dan Synergy yang bersifat berbayar, dan harganya cukup mahal untuk orang Indonesia.

Beberapa Aplikasi Serupa dengan Input Director

Aplikasi Synergy

Untuk menggunakan aplikasi Synergy ini kamu harus membayar antara $19 sampai $49. Aplikasi Synergy ini sama halnya dengan aplikasi Input Director, namun bersifat berbayar dan tentunya fasilitas yang ditawarkan juga cukup banyak sehingga mereka berani menjual dengan harga yang lumayan. Beberapa kelebihannya yang tidak dimiliki pada aplikasi Input Director yang bersifat gratis, yakni untuk paket pro kamu bisa memindahkan file dari komputer 1 dan yang lainnya hanya denga memindahkan kursor mouse dengan drag dan drop. Jadi kelebihannya kamu bisa memindahkan file komputer dengan mudah.

Aplikasi Share Mouse

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi Synergy yakni kamu tidak hanya bisa mengontrol multikomputer hanya menggunakan 1 mouse dan keyboard namun kamu bisa juga memindahkan file dari komputer ke komputer yang lainnya. Perbedaan yang mencolok dari kedua aplikasi ini adalah masalah harga paket berlangganannya. Jika Synergy menawarkan paket pembelian aplikasi secara lifetime, atau akses selamanya. Namun aplikasi share mouse menawarkan harga paket berlangganan pertahun.

Artikel Terkait  Cara Menampilkan Halaman Facebook di Website

Namun jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi berbayar, saya rasa aplikasi Input Director sudah cukup untuk sekedar mengontrol 2 komputer hanya menggunakan 1 mouse dan keyboard.

 

Untuk menerapkan settingan pada tutorial ini, pastikan kedua komputer terkoneksi demgam wifi, agar bisa berjalan dengan baik.

 

Untuk Cara Setting Input Director Silahkan Simak Tutorial Berikut ini!

1#. Langkah pertama pastikan kamu sudah mendownload aplikasinya di sini klik Input Director

2#. Selanjutnya klik download

3#. Setelah didownload kemudian instal seperti biasanya. Saya tidak akan menunjukkan kamu cara menginstalnya saya rasa kamu sudah tahu kalau tahapan yang ini, saya anggap kamu sudah menginstalnya ya.

4#. Tahapan selanjutnya silahkan buka aplikasi yang sudah terinstal dan kemudian setting seperti berikut!

5#. Silahkan buka aplikasi Input Director pada komputer utama, komputer yang akan kamu gunakan mouse dan keyboardnya. Kemudian pilih menu “Main” kemudian cek IP Adressnya seperti yang kami tandai di kotak pada gambar berikut!

 

6#.Kemudian buka aplikasi Input Director pada komputer kedua, dan buka menu “Slave Configuration” kemudian pilih “Add”, kemudian alamat IP Adress yang sudah kamu catat tadi pada komputer utama, masukkan pada kolom “Hostname” kemudian klik “Ok”.

Penting!

Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Input Director pada kedua komputer, dan pastikan kamu mengulangi langkah ini pada komputer pertama dengan bertukar IP.

7#. Selanjutnya, kembali ke komputer pertama sebagai induknya, pilih menu “Master Configuration” kemudian klik “Add” kemudian masukkan alamat IP komputer kedua, dan jangan lupa klik “Set Hotkey” dan pilih tombol yang kamu inginkan pada keyboard, selanjutnya jangan lupa klik “Ok”.

Settingan ini bertujuan untuk memindahkan kursor dari komputer pertama ke komputer kedua, tapi jika kamu tidak menginginkan settingan ini kamu bisa melewati langkah ini. Tapi saya melakukan settingan ini karena sering kali mouse berpindah dengan cepat dari satu komputer ke komputer yang lain, dan ini membuat saya tidak nyaman. Sehingga dengan settingan ini saya lebih bisa mengontrol perpindahan mouse.

 

Artikel Terkait  Cara Menampilkan Halaman Facebook di Website

7#. Langka terakhir, klik menu “Scan Slaves”, jika sudah benar akan muncul tanda centang berwarna hijau pada alamat IP, ini menunjukkan settingan pada aplikasi sudah benar dudah siap digunakan. Jika masih bertnada silah kemungkinan ada yang salah coba cek kembal9i settingan alamat IPnya karena seringkali alamat IP komputer suka berubah-ubah.

Sampai di sini kamu sudah berhasil mengatur atau setting aplikasi Input Directur untuk keperluan mengontrol banyak komputer hanya menggunakan 1 mouse dan keyboard. Selamat mencoba.

Jika kamu masih kurang jelas atau masih kesulitan untuk memahami tutorial ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar ya, saya akan berusaha menjawab pertanyaan teman-teman.

Jika artikel ini bermanfaat buat kamu, jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu yang lain yang sedang membutuhkan tutorial Cara Setting Aplikasi Input Director ini. Sekian dulu dari saya, sampai ketemu di tutorial berikutnya. Salam kenal ya buat teman-teman yang baru berkunjung di web ini sukses selalu buat teman-teman. 🙂

 

Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *