Penting! Terapkan Etika Bisnis Online Ini Agar Bisa Sukses

Diposting pada

Etika dalam Berbisnis Online – Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online tidak harus mematuhi etika-etika tertentu karena dalam bisnis ini antara penjual dan pembeli, tidak terikat dengan waktu dan tempat. Padahal, nyatanya tetap ada etika bisnis yang harus dipatuhi para pelaku bisnis online supaya usahanya bisa sukses.

Perlu diketahui, etika bisnis adalah aturan mengenai sopan santun dan tata karma dalam berbisnis. Jika Anda menjalankannya, maka sudah pasti akan banyak masyarakat yang menjadi konsumen setia Anda. Nahm terkait etika bisnis online tersebut, berikut ini kami bagikan beberapa diantaranya:

Etika Bisnis Online yang Sebaiknya Anda Perhatikan

1. Harus Selalu Jujur

Bisnis online memiliki satu tantangan tersendiri yaitu bagaimana cara seorang pebisnis untuk bisa meyakinkan calon konsumennya bahwa ia bukanlah penipu yang berkedok jual beli online. Karena memang saat ini masih banyak sekali penipuan berkedok jual beli online yang tentunya merugikan konsumen.

Bisnis online yang tidak memungkinkan adanya tatap mata langsung antara penjual dan pembeli ini harus memiliki modal kepercayaan yang kuat yang mampu dibangun oleh pelaku bisnis jika ingin tetap bertahan. Oleh karena itulah adanya etika kejujuran menjadi modal penting Anda membangun kepercayaan terhadap konsumen.

Usahakan Anda menjual barang yang sesuai dengan yang Anda cantumkan di website toko ataupun di media sosial Anda. Baik kualitas, ukuran, spesifikasi, hingga gambar yang dipajang merupakan representasi nyata dari barang yang akan dikirimkan kepada konsumen. Sekali saja Anda tidak jujur mengenai barang yang akan dijual, maka konsumen akan dengan mudah beralih kepada penjual online lainnya.

2. Selalu Bersikap Ramah

Salah satu kunci untuk selalu mendapatkan pelanggan setia adalah sikap ramah. Meskipun Anda menjalankan usaha toko online, namun sikap ramah harus tetap Anda jalankan saat menghadapi calon pembeli. Meskipun Anda tidak bisa bertemu langsung dengan calon pembeli, namun sikap ramah ini bisa diwujudkan dari kata-kata, penggunaan bahasa yang sopan, mau merespon calon pembeli dengan cepat, dan juga menjawab pertanyaan berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

Artikel Terkait  Ide Usaha Sampingan yang untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Penjual online yang ramah akan membuat pembeli mudah kembali kepada Anda. Namun jika Anda terkesan cuek dalam melayani setiap pertanyaan konsumen dan lama sekali meresponnya, maka Anda harus siap-siap ditinggalkan oleh konsumen. Karena dalam dunia bisnis online, konsumen memiliki banyak sekali pilihan tempat yang menawarkan jenis barang sama dalam sekali waktu, jadi selain kualitas dan harga, sikap penjual adalah salah satu faktor penting.

3. Bersikap Adil

Etika adil dalam bisnis online ini maksudnya adalah adil terhadap semua konsumen yang memesan barang kepada Anda. Misalnya saja adil dalam hal harga yang sesuai dengan kualitas barang. Selain itu, sikap adil juga bisa Anda tunjukkan dengan mengutamakan konsumen yang terlebih dahulu pesan sesuai dengan urutan. Pada bagian pelayanan, Anda harus adil dalam menjawab pertanyaan konsumen mulai dari antrian awal hingga akhir. Sikap ini harus Anda pegang teguh agar Anda bisa menjadi pebisnis online yang profesional.

Jika sikap adil ini bisa Anda terapkan dan konsumen mengetahui bahwa Anda berkomitmen untuk adil pada setiap pelanggan, maka mereka pun akan mematuhi segala peraturan yang telah dibuat demi kebaikan bersama. Misalnya saja, Anda harus menjelaskan kepada para calon pembeli bahwa chat pesanan akan dibalas sesuai urutan pesanan yang masuk. Kemudian barang akan dikirimkan kepada pembeli yang sudah terlebih dulu melakukan transfer pembayaran. Maka konsumen dengan sendirinya akan menyadari cara kerja bisnis Anda dan mengikuti segala aturannya.

Jangan sampai kemudian ada konsumen yang berkomentar bahwa ia tidak mendapatkan barang hanya karena ada konsumen lain yang lebih diistimewakan. Ulasan negatif ini akan sangat berpengaruh terhadap masa depan bisnis online Anda.

Artikel Terkait  Usaha Online Tanpa Modal Menghasilkan Jutaan

4. Memiliki Kepedulian Tinggi pada Pelanggan

Bisnis jual beli barang ataupun jasa tidak hanya bersifat transaksional. Anda pun harus memperhatikan etika kepedulian terhadap pelanggan. Misalnya saja, jika suatu saat ada konsumen yang mengeluhkan pengiriman barang yang belum sampai, maka sebagai penjual online yang baik, Anda harus sigap menanggapinya, misalnya dengan mengecekkan status pengiriman di bagian ekspedisi, dan lain sebagainya.

Selain itu, misalnya ada masalah ketika barang yang Anda kirimkan ternyata cacat atau rusak, maka Anda pun harus bertanggung jawab sesuai dengan komitmen jika itu memang terjadi karena kesalahan dari pihak Anda. Penjual online yang langsung lepas tangan setelah barang dikirimkan tidak akan mendapatkan banyak pelanggan tetap, karena rasa percaya mereka terhadap penjual akan berkurang.

5. Selalu Menepati Janji

Dalam bisnis online, etika menepati janji adalah salah satu faktor penting untuk mengumpulkan kepercayaan dari para calon konsumen. Karena tidak terjadi tatap muka langsung antara penjual dan pembeli, maka sikap menepati janji dari pihak penjual adalah salah satu hal yang sangat dicari oleh para konsumen.

Misalnya saja jika Anda menjanjikan pelayanan yang cepat, maka Anda harus benar-benar bisa merujudkannya. Jika Anda menjanjikan kualitas barang yang bagus, maka barang yang sampai ke tangan konsumen juga harus sesuai dengan apa yang Anda janjikan. Sekali saja Anda tidak menepati janji kepada konsumen, maka mereka akan dengan mudah memberikan review buruk atas situs toko online Anda. Review buruk inilah yang akan mempengaruhi orang lain untuk enggan membeli produk dari tempat Anda karena mereka kemudian merasa ragu dengan kualitas barang dan pelayanan yang Anda berikan.

6. Mempunyai Sikap Sabar

Jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan tetap yang selalu kembali ke toko online Anda, maka salah satu kuncinya adalah sabar. Mungkin kadang kala Anda akan menghadapi konsumen dengan sifat yang keras dan banyak menuntut. Ada juga tipe konsumen yang selalu meminta didahulukan dan bahkan menuntut hal-hal yang diluar kewenangan Anda sebagai pihak penjual. Jika Anda menghadapi situasi tersebut, maka sabar adalah jalan terbaik.

Artikel Terkait  Tips Meraih Keuntungan Maksimal dari Usaha Pakaian Anak

Jangan sampai Anda menunjukkan kemarahan kepada calon konsumen. Namun Anda pun harus memberitahu konsumen dengan bahasa yang sopan dan profesional bahwa permintaan mereka tidak bisa Anda proses. Jika Anda tetap bisa menahan diri, maka Anda akan mampu bertahan dan citra positif sebagai pebisnis online akan perlahan tumbuh dan berkembang baik.

Itulah diatas beberapa etika bisnis online yang harus Anda terapkan mulai dari sekarang jika Anda ingin sukses dan banyak pelanggan.

Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *