ide-bisnis-ibu-rumah-tangga

Ide Usaha Sampingan yang untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Diposting pada

Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa – Menjadi seorang ibu rumah tangga merupakan suatu pekerjaan yang mulia yang mana seorang ibu rumah tangga bertugas menggurus suami, anak-anak serta perihal rumah tangga lainnya. namun terkadang ada beberapa ibu rumah tangga yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini selain tidak terlalu mengikat juga bisa menambah pundi-pundi rupiah. Lantas, kira-kira usaha sampingan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa?

Mengapa di desa? Karena ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan kebanyakan ada didesa. Nah, berikut beberapa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang dapat dijadikan inspirasi.

Usaha Sampingan yang untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

1. Industri kreatif

Usaha pertama yang cukup optensial adalah industri kreatif. Industri kreatif yang dimaksud adalah bagaimana seseorang mengasah kreatifitasnya agar menjadi barang yang bernilai jual. Ini adalah salah satu usaha yang tidak terlalu ribet, anda hanya perlu bermodalkan bahan seadanya lalu kembangkan kreatifitas anda. Pengelolaan industri kreatif juga bisa dikaitakn dengan hasil alam desa setempat. Mengelola industri kreatif sebagai usaha sampingan cukup menjanjikan, selain itu juga dapat dijadikan sebagai oleh oleh untukpara wisatawan yang datang. Selain mendapat untung, kreatifitas anda juga semakin terasah.

Contoh usaha yang dapat dijalani adalah mengolah kain khas desa tersebut menjadi olahan seperti tempat pensil dan mini sling bag. Jika hasil daerah tersebut adalah batok kelapa maka bisa diolah menjadi lampu tidur, tas dan masih banyak lagi. Yang perlu anda perhatikan hanyalah apa hasil daerah tersebut dan bagaimana mengolah sekreatif mungkin. Ini juga bisa dibawa ke pkk agar menjadi usaha bersama berbentuk koperasi.

Artikel Terkait  Mengenal Perbedaan Bisnis Waralaba dan Networking

2. Makanan khas

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang kedua adalah olahan makanan khas. Menjadi seorang ibu rumah tangga sudah pasti bisa memasak. Dengan skill memasak yang dimiliki, maka ini bisa menjadi modal untuk mengolah makanan dengan cita rasa yang tinggi. Dari cita rasa yang tinggi maka memiliki nilai jual yang tinggi juga. Dengan skill yang telah dimilikinya juga, anda bisa memanfaatkan bahan yang ada untuk diolah menjadi masakan. Lalu masakan ini yang nantinya dijual.

Ini adalah salah satu usaha yang cukup mudah dan tidak ribet. Karena memasak bisa dibarengi dengan memasak makanan rumah tangga. Untuk usaha yang satu ini, anda bisa memasari melalui warung makan atau membuat oleh oleh khas. Kebanyakan oleh-oleh khas adalah makanan ringan. Untuk menambah peminat, sebaiknya yang diolah adalah makanan khas daerah tersebut. Dijamin pasti turis akan berminat untuk datang dan mencicipi makanan anda.

3. Tanaman hias

Ketiga adalah menjual tanaman hias. Mengapa tanaman hias? Karena farming atau bertani merupakan salah satu kegemaran ibu rumah tangga. Mengelola tanaman hias sebenarnya cukup mudah dan tidak butuh banyak waktu. Yang diperlukan hanyalah bagaimana tingkat ketelatenan dalam mengolah dan konsistensi perawatan tanaman tersebut. Kunci mengelola tanaman hias adalah menjaganya agar tidak terkontaminasi oleh hama yang dapat mengganggu keberlangsungan tanaman hias tersebut.

Mengelola tanaman hias bisa dilakuakan secara berlahan. Caranya adalah memulai dengan membeli bibit tanaman cukup beberapa jenis. Lalu mulailah menanam bibit tersebut, usahakan yang ditanam hanya satu atau dua jenis tanaman hias. Hal ini agar anda terfokus dan mempelajari, bisa dikatakan sebagai starting point. Setelah itu jangan lupa letakan pada vase bunga yang senada. Tentunya untuk menambah nilai estetika agar para peminat ingin membelinya. Anda juga bisa mengelola tanaman langka, misalnya tanaman yang hanya ada didesa tersebut. Disisi lain juga anda bisa mengola kreatifitas anda, misalnya menjual tanaman yang telah digabungkan seperti bunga mawar dua warna dalam satu pohon dan lain sebagainya.

Artikel Terkait  Pertimbangan Membuka Peluang Usaha Rumahan di Desa

4. Toko sembako

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang terakhir adalah membuka toko sembako. Di daerah pedesaan biasanya sangat susah mencari toko besar dan kebanyakan hanyalah warung kecil. Sebagai seorang ibu rumah tangga, anda bisa mengisi waktu luang dengan menjaga toko sembako yang dimiliki. Barang barang yang dapat anda jual adalah seputar kebutuhan rumah tangga seperti beras, minyak goreng, gula, garam, tepung dan sebagainya. Anda juga bisa mengisi beberapa keperluan rumah tangga seperti gayung, sbaun, shampoo dan lain-lain.

Anda juga bisa menjadikan toko sembako sebagai media untuk menjual oleh oleh khas setempat, hasil tani atau hasil ternak setempat dan lain lain. Hal ini tentunya membuat toko anda semakin banyak memiliki peminat. Namun ada hal yang perlu anda ingat dalam membuka toko di daerah pedesaan, yaitu persoalan harga. Harga yang dibandrol tidak boleh terlalu tinggi, karena warga didesa biasanya tidak akan berminat dengan barang yang memiliki harga tinggi. Untuk itu anda perlu stok barang dari pusat grosiran agar harga yang didapat pun cukup murah.

Itulah beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang menguntungkan dan layak ditekuni. Sebenarnya banyak jenis usaha lain yang cukup potensial, Intinya apapun bisa dijadikan suatu usaha, asal ada niat yang kuat, ketekunan dan juga modal. Ketiga hal tersebut merupakan dasar dalam mengelola usaha sampingan. Nah, semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa menginspirasi anda semua, khususnya untuk untuk ibu rumah tangga di desa yang berniat membuka usaha sampingan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

sb1m
Artikel Terkait  Penting! Terapkan Etika Bisnis Online Ini Agar Bisa Sukses
Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *