Pertimbangan Membuka Peluang Usaha Rumahan di Desa

Diposting pada

Peluang Usaha Rumahan Di Desa – Peluang usaha rumahan di desa memang terbuka sangat luas, persaingannya pun masih minim dan terbatas. Karena tidak semua pebisnis yang ada di pedesaan merambah ke pelosok kampung. Sebagian besar pebisnis dari desa mencoba peruntungan di perkotaan. Berbondong-bondong para pedagang dari desa bermigrasi ke kota hanya untuk berdagang di sana.

Sebenarnya, tanpa kita sadari secara langsung, peluang usaha rumahan di desa sama untungnya dengan usaha di kota. Namun, memang dalam menjalankannya harus dengan kehati-hatian karena dengan modal yang besar, kembalinya keuntungan tidak secepat usaha di perkotaan. Butuh waktu yang lebih lama sampai pada akhirnya, modal usaha kembali ke semula. Nah, bagi kamu yang hendak membangun usaha rumahan di desa, perhatikan jenis usaha, pertimbangan kelebihan dan kelemahan usaha di desa di bawah ini sebelum kamu memulainya.

Kenali Jenis Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Jenis peluang usaha rumahan di desa yang bisa dipilih kamu untuk memulai bisnis usaha yaitu di antaranya adalah usaha jual pulsa di rumah. Mengapa jual pulsa? Karena dengan keterbatasannya jarak tempuh menggunakan kendaraan ke kota, keinginan untuk memenuhi kebutuhan warga di desa sangat besar. Terutama penggunaan telepon genggam yang sudah mulai menjamur ke pedesaan. Tentu dengan jualan pulsa atau yang sejenisnya seperti jual token, bayar berbagai tagihan di desa, dapat memudahkan warganya bertransaksi tanpa perlu jauh-jauh ke kota.

Jenis Peluang usaha rumahan di desa yang lain yaitu dengan membuka minimarket atau toserba sederhana di desa. Bisa dibayangkan jika semua kebutuhan warga yang ada di desa bisa kamu penuhi dengan menjualnya di toko kamu. Pasti laris manis.

Artikel Terkait  Ide Usaha Sampingan yang untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Selain itu, kamu bisa mencoba usaha yang sedang hits di perkotaan yaitu food truck. Berjualan makanan di mobil atau mini truck dengan berpindah-pindah menjadi keunikan tersendiri yang jarang ditemukan di pedesaan.

Kelebihan Membuka Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Dari berbagai jenis usaha rumahan di desa, kamu bisa mendapat keuntungan jika usaha kamu sukses dan bertahan lama. Karena dengan pesaing yang sedikit, bisnis kamu pasti akan menjadi satu-satunya yang dibutuhkan oleh warga desa. Dengan memenuhi kebutuhan mereka, bisnis kamu akan semakin berkembang dan menjamur di pedesaan.

Kelebihan lain adalah jika bisnis kamu mobilitasnya tinggi seperti berdagang makanan food truck di desa, memudahkan pembeli tanpa harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan makanan yang enak di desa. Kelebihan lain yang menguntungkan adalah kamu bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang ada di desa. Tentu ini adalah nilai positif yang besar sehingga perputaran uang di desa meningkat dengan adanya usaha rumahan kamu.

 

Kelemahan Yang Harus Diatasi Dalam Membuka Peluang Usaha Rumahan Di Desa

Hal yang sangat ditakuti dalam membuka usaha rumahan di desa adalah minimnya daya beli masyarakat terhadap usaha kita. Hal itu akan menyebabkan usaha kita tidak akan bertahan lama. Maka dari itu, untuk menyiasatinya adalah pilihlah jenis usaha yang sangat dibutuhkan oleh warga di desa, hindari memasang harga yang terlalu tinggi untuk memperolah keuntungan dengan menyesuaikan pendapatan rata-rata warga di desa.

Selain itu, amati terlebih dahulu jenis usaha yang akan kamu bangun apakah daya saingnya tinggi, atau belum ada bisnis yang sama dengan bisnis yang hendak kamu mulai. Untuk itu, pecahkan kelemahan-kelemahan peluang usaha rumahan di desa untuk meminimalisir kendala yang akan kamu hadapi ketika usaha kamu telah dimulai.

sb1m
Artikel Terkait  3 Pertanda Anda Akan Jadi Orang Sukses
Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *