Tips Meraih Keuntungan Maksimal dari Usaha Pakaian Anak

Diposting pada

Tips Meraih Keuntungan Maksimal dari Usaha Pakaian Anak – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan membuka usaha sendiri. Terlebih saat ini lowongan pekerjaan semakin sulit didapat, jikapun ada tingkat persaingannya tinggi, dan belum tentu penghasilan yang didapat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, bicara mengenai usaha atau bisnis, jualan pakaian anak merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan, dan memiliki prospek cerah. Selain karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar (dibanding menjual pakaian dewasa), menekuni bisnis pakaian anak-anak terbilang masih minim tingkat persaingannya.

Coba anda lihat disekitar anda, bandingkan jumlah toko yang menjual pakaian dewasa dan yang khusus menjual pakaian anak-anak, pastinya akan lebih banyak penjual pakaian anak-anak.

Kenapa Bisnis Pakaian Anak-Anak Lebih Menguntungkan?

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum beberapa alasan kenapa menjual pakaian anak-anak cukup menguntungkan.
o Keuntungan yang didapat lebih besar, karena biasanya prosentase keuntungan lebih tinggi dibandingkan menjual pakaian orang dewasa.
o Tingkat persaingan pasar yang cenderung rendah di Indonesia.
o Target pasar yang luas karena anak kecil banyak ditemukan di setiap anggota keluarga.
o Pakaian anak sering berganti, sebab tingkat pertumbuhan anak lumayan cepat.
Itulah beberapa alasan kenapa menekuni bisnis pakaian anak dapat menjadi usaha yang menjanjikan.

Tips Memaksimalkan Keuntungan dari Usaha Pakaian Anak

1. Lihatlah modal yang anda miliki

Modal memang salah satu poin penting yang harus disiapkan jika anda ingin membuka suatu usaha, apapun itu jenis usahanya. Termasuk bisnis pakaian anak. Makin besar modal anda, tentu lebih baik. Namun dengan catatan anda bisa memaksimalkan penggunaanya.

Artikel Terkait  Inilah 4 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Para Generasi Milenial

2. Pilih suplier yang tepat

Setelah permasalahan modal terselesaikan, langkah selanjutnya adalah mencari suplier yang benar-benar tepat. Ingat, salah memilih suplier akan sangat merugikan usaha anda nantinya. Memang salah satu pertimbangan dalam memilih suplier adalah dengan memilih penawaran harga yang termurah. Namun, harga bukan segalanya. Perhatikan juga pelayanan serta kwalitas pakaian yang di jual. Jangan sampai, anda mendapatkan produk murah namun dengan kwalitas dibawah standart.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami bagikan beberapa tips dalam memilih suplier pakaian anak yang tepat:
o Jika anda melakukan pembelian secara online, pastikan memilih toko yang sudah dipercaya, dan tentunya dengan harga yang bersaing.
o Pilih toko atau penjual yang menyediakan pakaian anak dengan model kekinian, yang mengikuti perkembangan jaman.
o Pilihlah supplier yang memiliki stok pakaian yang banyak dan selalu tersedia.

3. Pilih lokasi penjualan yang strategis

Lokasi adalah poin penting yang juga wajib mendapatkan perhatian atau pertimbanga dengan matang. Untuk bisnis pakaian anak-anak ini idealnya pilih lokasi yang strategis seperti di pasar, di pinggir jalan raya, dan lain sebagainya. Jika anda berdagang keliling, jangan lupa untuk singgah di play group, atau sejenisnya. Karena tentunya, disana akan banyak ibu-ibu yang menunggu anaknya sekolah.

4. Menjual pakaian anak grosir.

Sebagaimana yang kita tahu, barang grosiran memang identik dengan harga murah. Makanya tak heran jika banyak orang tertarik ingin membelinya. Nah, oleh karena itu, kenapa anda tak mencoba model usaha ini? Meskipun tiap satu barang keuntunganya hanya sedikit, namun frekuensinya banyak.

Dan menariknya lagi, saat anda menjual barang grosiran, target konsumen bukan hanya pemakai produk, namun juga pedagang-pedagang kecil. Dengan begitu perputaran barang relatif cepat. Dan toko anda tak butuh waktu lama untuk terkenal.

Artikel Terkait  3 Pertanda Anda Akan Jadi Orang Sukses

5. Menjual barang kualitas import.

Barang dengan kualitas import atau bermerek masih memiliki persaingan yang rendah dan bisa dibilang jarang yang bermain di jenis ini. Nah, jika anda kurang tertarik menjual pakaian murah atau grosiran, maka mencoba fokus menjual pakaian branded juga layak dipertimbangkan.

Meskipun modal yang dibutuhkan tinggi, namun sebanding dengan potensi keuntungan yang di dapat. Jika anda takut rugi, tak ada salahnya menerapkan sistem pre order, guna menghindari kerugian akibat pakaian yang lama tidak terjual.

6. Pertahankan kualitas produk.

Kualitas dari produk/pakaian yang anda jual, adalah hal yang sangat penting. Meskipun anda fokus menjual baju dengan harga murah, namun tetap pertimbangkan sisi kwalitasnya juga. Jika kwalitasnya terlalu jelek, tentunya konsumen tidak akan tertarik meskipun harganya murah.

7. Mengetahui tren dan selera masyarakat.

Memiliki produk yang selalu mengikuti trend dan selalu kekinian, adalah hal penting yang harus di terapkan. Jadi, mau tak mau anda harus jeli dalam melihat permintaan pasar.

8. Buat harga yang menarik dibawah kompetitor anda

Keuntungan memang hal utama yang diinginkan para pebisnis, namun untuk mendapatkan keuntungan dibutuhkan juga cara agar konsumen selalu melirik produk yang anda jual. Buatlah harga semurah mungkin (asal masih untung), guna memenangkan persaingan dengan kompetitor anda.

9. Meningkatkan kualitas pelayanan.

Terkadang kesabaran penjual diuji saat pelanggan memiliki banyak permintaan, bahkanada kalanya berlaku/bertindak kurang sopan. Nah, sebagai penjual yang baik, anda harus bisa tetap bersabar. Selalu ingat bahwa pembeli adalah raja dan tetap tingkatkan kualitas pelayanan sampai kapan pun.

10. Promosi.

Promosi adalah salah satu tehnik dalam mengenalkan produk anda, serta menarik minat konsumen. Dan bicara mengenai promosi, dizaman canggih ini banyak sekali aplikasi penunjang yang bisa membantu. Sebut saja LINE, BBM, Whats Up, Instagram, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait  Tips Manajemen Keuangan bagi Pebisnis Kecil Pemula

Nah itulah diatas beberapa tips dalam memaksimalkan keuntungan bisnis pakaian anak. Tertarik untuk mencoba?

Gambar Gravatar
Catatan harian digital preneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *